UPDATE PERINGATAN DINI KEKERINGAN; 10/10/2014 Daerah tidak hujan berturut-turut klik disini
A+ A A-

Update Peringatan Dini Kekeringan 10 Oktober 2014

Daerah tidak hujan berturut-turut diatas 60 hari yang berpotensi kekeringan terjadi di : 

1. Arosbaya, Modung (Bangkalan),

2. Wongsorejo (Banyuwangi),

3. Srengat, Kademangan, Nglegok, Binangun, Sutojayan, Kesamben, Gandusari (Blitar),

4. Bojonegoro, Sumberejo, Dander, Kalitidu (Bojonegoro),

5. Klabang, Cerme (Bondowoso),

6. Dukun, Cerme, Balongpanggang (Gresik),

7. Kencong (Jember),

8. Mojo, Papar, Mojoroto, Kandangan, Kepung (Kediri),

Last Updated on Tuesday, 14 October 2014 01:48

Hits: 83

Read more: Update Peringatan Dini Kekeringan 10 Oktober 2014

Situs Resmi PPID BPBD Provinsi Jawa Timur

Sebagai usaha kami untuk meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan informasi publik. Kolom PPID pada situs resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur pada tautan http://bpbd.jatimprov.go.id kini dapat diakses melalui sub-domain tersendiri http://ppid.bpbd.jatimprov.go.id

Salam Transparansi.

Last Updated on Saturday, 27 September 2014 06:43

Hits: 39

Penurunan Status Aktifitas G. Ijen dari Waspada (Level II) menjadi Normal (Level I)

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunungapi Ijen yang berada di dua kabupaten tersebut mengalami penuruanan aktivitas. Dengan demikian pada Jumat (08/08) tepatnya pukul 13.00 WIB status diturunkan dari waspada (level II) menjadi normal (level I). Selengkapnya >> unduh disini <<

Last Updated on Saturday, 09 August 2014 05:59

Hits: 110

PERINGATAN DINI (EARLY WARNING) GELOMBANG TINGGI

Last Updated on Tuesday, 05 August 2014 04:10

Hits: 98

Gempa Pacitan

Gempa terjadi di wilayah Jawa Timur. Pantauan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sebanyak 17 kabupaten merasakan gempa. Kejadian yang terjadi pada Senin (14/06) tepatnya pukul 12.05.02 WIB ini sempat membuat panik warga yang berada di pesisir selatan Jawa Timur.

Pusat gempa berada di 104 km tenggara laut Pacitan. Getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi ini terjadi di laut dengan kekuatan 5,6 SR. “Getaran ini merupakan gempa tektonik,” Kata Dadang Permana, Kepala BMKG Tretes. Adapun penyebab dari kejadian ini adalah adanya pertemuan lempeng tektonik yang berada di laut selatan pulau jawa. Kondisi ini dipastikan tidak berpotensi tsunami. Meskipun demikian luasan wilayah yang merasakan getaran hampir diseluruh Jatim.

Laporan yang masuk di ruang kendali komunikasi Pusdalops Jatim, wilayah yang berada di pesisir selatan yaitu, Banyuwangi, Jember, Malang, Blitar, Tulungagung, Lumajang, dan Pacitan merasakan getaran. “Getarannya kerasa di Blitar selama 2-3 detik,” Ungkap ibu Eli staf BPBD kabupaten Blitar saat dihubungi Pusdalops Jatim. Sampai satu jam setelah kejadian gempa, Pusdalops Jatim masih melakukan penggalian informasi dikarenakan luasnya wilayah yang merasakan.

Tidak hanya wilayah yang berada di pesisir selatan, kabupaten Magetan, Trenggalek, Surabaya, Nganjuk, Kediri, Gresik, Pasuruan, Jombang, Ponorogo hingga Kota Batu juga merasakan. Warga Surabaya yang berada di gedung bertingkat yang mengalami goncangan kuat. Beberapa gedung yang sempat terpantau merasakan gempa diantaranya Plaza BRI, Gedung WTC dan Gedung Diagnoistik RSUD dr. Soetomo. Kepanikan penghuni gedung sempat terjadi beberapa menit setelah gempa. Namun, saat ini telah kembali normal. BMKG hingga kini masih terus memantau apakah akan terjadi gempa susulan setelah ini. Dihimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya guna mengurangi risiko bencana yang dialami.

Last Updated on Tuesday, 15 July 2014 04:06

Hits: 117

blue green orange red

Hak Cipta BPBD Jatim, 2011. Resolusi Terbaik 1920 x 1080px. Mod by dino.

Login

Log in to your account or Create an account

Register

User Registration
or Cancel