Peringatan Dini Cuaca Jawa Timur tanggal 09 Februari 2015 hari ini akan terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, berdasar citra radar : Pembaharuan pukul 11.30 WIB di wilayah : Jombang, Ketapang bagian selatan, Bangkalan bagian utara, Situbondo dan sekitarnya. Diperkirakan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan meluas ke wilayah : Tuban, Nganjuk bagian timur, Probolinggo, Bondowoso, Bangkalan, Sampang, Pamekasan bagian utara dan sekitarnya. PRAKIRAWAN-BMKG JUANDA
A+ A A-

Prakiraan Awal Musim Kemarau 2015

Prakiraan Awal Musim Kemarau tahun 2015 di Jawa Timur diprakirakan terjadi pada bulan April 2015 dasarian II hingga Juni 2015 dasarian III. Beberapa wilayah diprakirakan maju 1 dasarian dari normalnya, yaitu sebagian Tuban bagian barat, Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan bagian utara, Sampang bagian tengah, Pamekasan bagian tengah, sebagian besar Sumenep, Malang bagian tengah, utara dan selatan, sebagian Probolinggo bagian selatan, Bondowoso bagian utara, Situbondo bagian selatan, Banyuwangi bagian timur.

Ulasan lebih lanjut download disini >> PDF <<

Last Updated on Tuesday, 17 March 2015 04:26

Hits: 133

Analisa Cuaca Jawa Timur

Berdasarkan analisa cuaca Jawa Timur oleh BMKG untuk prakiraan akhir Pebruari dan Maret 2015 di wilayah Jawa Timur berada pada fase menurun dari puncak musim hujan. Fase ini ditandai dengan curah hujan yang masih tinggi namun terjadi jeda 1-3 hari tidak hujan, angin kencang dan puting beliung masih sering terjadi.

Info selengkapnya dapat diunduh >>klik disini<<

Last Updated on Wednesday, 25 February 2015 08:22

Hits: 187

Prakiraan Curah Hujan Bulan Maret 2015

Beberapa wilayah di Jawa Timur dengan jumlah curah hujan tinggi (301 – 400 mm) diprakirakan terjadi di Surabaya bagian selatan, barat, tengah, Sidoarjo bagian utara dan barat, Jombang bagian tengah, Mojokerto bagian timur dan selatan, Pasuruan bagian selatan dan barat, Probolinggo bagian selatan, Lumajang bagian utara, Bondowoso bagian selatan dan timur, Jember bagian utara, Situbondo bagian selatan, Banyuwangi bagian utara, Malang bagian utara dan barat, Blitar, Kediri, Nganjuk, Madiun, Bojonegoro bagian timur dan sebagian selatan, Ngawi bagian selatan, Tulungagung bagian utara, Trenggalek bagian selatan, Ponorogo bagian selatan serta Pacitan.

Selengkapnya unduh pada link ini >>PDF<<

Last Updated on Wednesday, 18 February 2015 03:02

Hits: 147

Peningkatan Tinggi Muka Air Bengawan Solo

Selasa (10/11) Bengawan Solo memasuki status Siaga Satu. Kondisi ini menjadi perhatian untuk kabupaten yang berada di hilir Bengawan Solo khususnya Jawa Timur. Wilayah rawan banjir dari luapan Bengawan Solo mulai melakukan kesiapsigaan guna mengurangi dampak bencana yang mungkin ditimbulkan.

Peningkatan Tinggi Muka Air (TMA) Bengawan Solo dimulai sejak Selasa (10/01) malam. Aliran sungai yang berhulu di Solo ini, meningkat akibat dari curah hujan dengan intensitas tinggi. Informasi yang disampaikan oleh petugas pintu air Bengawan Solo yang berada di Solo menyatakan bahwa, debit air mulai meningkat sejak pukul 22.00 WIB. 

Terpantau pada Senin (11/01) pagi, pintu air yang berada di wilayah Jawa Timur mulai meningkat. Pantauan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro pada pukul 06.00 WIB, TMA di Pintu air Karang Nongko terpantau 26,81 dan pintu air Bojonegor setinggi 13,12. Pada waktu yang sama, ketinggian air Bengawan Solo juga meningkat. Pintu air di Babat, Laren, dan Karanggeneng, Lamongan, dengan ketinggian masing-masing 6,94 meter, 4,95 meter dan 3,54 meter.Pantauan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, status sungai tersebut dinaikkan menjadi Siaga 1.

Bojonegoro, Lamongan dan Tuban saat ini siaga 1 luapana banjir. Bojonegoro menyatakan, sudah mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika Bengawan Solo meluber. Dihimbau kepada seluruh warga yang berada di sekitar tanggul untuk waspada dan memperhatikan arahan dari pemerintah setempat.

Last Updated on Wednesday, 18 February 2015 02:55

Hits: 112

Analisa Hujan Bulan Februari 2015

Hujan di Wilayah Jawa Timur masih berada di puncaknya di bulan Pebruari 2015, sehingga masih perlu diwaspadai terjadinya banjir dan tanah longsor untuk wilayah-wilayah :

Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Madiun, Magetan, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Pacitan, Kediri, Blitar, Malang, Pasuruan, Sampang, Sumenep, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Pada bulan Pebruari 2015 juga perlu di waspadai kejadian angin kencang dan gelombang tinggi dampak dari adanya Siklon Tropis yang terbentuk di sekitar Samudera Hindia sebelah barat Benua Australia.

Analisa curah hujan bulan Pebruari 2015 dapat diunduh pada link berikut ini

>>UNDUH DISINI<<

Last Updated on Tuesday, 10 February 2015 03:38

Hits: 115

blue green orange red

Hak Cipta BPBD Jatim, 2011. Resolusi Terbaik 1920 x 1080px. Mod by dino.

Login

Log in to your account or Create an account

Register

User Registration
or Cancel